KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
No
|
Metode kuantitatif
|
Metode kualitatif
|
1.
|
A.
Desain
a)
Spesifik, jelas, rinci
b)
Ditentukan secara mantap sejak awal
c)
Menjadi pegangan langkah demi langkah
|
A.
Desain
a)
Umum
b)
Fleksibel
c)
Berkembang, dan muncul dalam proses penelitian
|
2.
|
B.
Tujuan
a)
Menunjukan hubungan antar variable
b)
Menguji teori
c)
Mencari generalisasi yang mempunyai nilai
prediktif
|
B.
Tujuan
a)
Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif
b)
Menemukan teori
c)
Menggambarkan realitas yang kompleks
d)
Memperoleh pemahaman makna
|
3.
|
C.
Teknik Pengumpulan Data
a)
Kuisioner
b)
Observasi dan wawancara terstuktur
|
C.
Teknik Pengumpulan Data
a)
Participant observation
b)
In depth interview
c)
Dokumentasi
d)
Tringulasi
|
4.
|
D.
Instrument penilaian
a)
Tes, angket, wawancara terstuktur
b)
Instrument yang telah terstandar
|
D.
Instrument penilaian
a)
Ieneliti sebagai instrument
b)
Buku catatan, tape recorder, camera, handycam dan
lain-lain
|
5.
|
E.
Data
a)
Kuantitatif
b)
Hasil pengukuran variable yang dioperasionalkan
dengan menggunakan instrumen
|
E.
Data
a)
Deskriptif kualitatif
b)
Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan
tindakan responden, dokumen dan lain-lain.
|
6.
|
F.
Sampel
a)
Besar
b)
Representatif
c)
Sedapat mungkin random
d)
Ditentukan sejak awal
|
F.
Sampel
a)
Kecil
b)
Tidak representative
c)
Purpositiv, snowball
d)
Berkembang selamapenelitian
|
7.
|
A.
Analisis
a)
Setelah selesai
b)
Pengumpulan data
c)
Deduktif
d)
Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis
|
G.
Analisis
a)
Terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian
b)
Induktif
c)
Mencari pola, model,tema, teori
|
8.
|
B.
Hubungan dengan responden
a)
Di buat berjarak, bahkan sering tanpa kontak
supaya objektif
b)
Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
c)
Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
|
H.
Hubungan dengan responden
a)
Empati, akrab, supaya memperoleh pemahaman yang
mendalam.
b)
Kedudukan sama bahkan sebagai guru, konsulen
c)
Jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan
hipotesis atau teori
|
9.
|
I.
Usulan desain
a)
Luas dan rinci
b)
Literature yang berhubungan dengan masalah, dan
variable yang diteliti
c)
Prosedur yang spesifik dan rinci
langkah-langkahnya
d)
Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas
e)
Hipotesis dirumuskan dengan jelas
f)
Ditilis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke
lapangan
|
I.
Usulan desain
a)
Singkat, umum bersifat sementara
b)
Literature yang digunakan bersifat sementara,
tidak menjadi pegangan utama
c)
Prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan
tour/piknik
d)
Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan
setelah studi pendahuluan
e)
Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan
menemukan hipotesis
f)
Focus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data
awal dari lapangan
|
10
|
J.
Kapan penelitian dianggap selesai?
Setelah
semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan
|
J.
Kapan penelitian dianggap selesai?
Setelah tidak
ada data yang dianggap baru/jenuh
|
11.
|
K.
Kepercayaan terhadap hasil penelitian
Pengujian
validitas dan realiabilitas instrumen
|
K.
Kepercayaan terhadap hasil penelitian
Pengujian
kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian
|
Buku
Sumber : Prof. Dr. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar