KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
| 
   
No 
 | 
  
   
Metode kuantitatif 
 | 
  
   
Metode kualitatif 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
A.   
  Desain 
a)     
  Spesifik, jelas, rinci 
b)     
  Ditentukan secara mantap sejak awal 
c)     
  Menjadi pegangan langkah demi langkah 
 | 
  
   
A.   
  Desain 
a)     
  Umum 
b)     
  Fleksibel 
c)     
  Berkembang, dan muncul dalam proses penelitian 
 | 
 
| 
   
2.
   
 | 
  
   
B.    
  Tujuan 
a)     
  Menunjukan hubungan antar variable 
b)     
  Menguji teori 
c)     
  Mencari generalisasi yang mempunyai nilai
  prediktif 
 | 
  
   
B.    
  Tujuan 
a)     
  Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif 
b)     
  Menemukan teori 
c)     
  Menggambarkan realitas yang kompleks 
d)    
  Memperoleh pemahaman makna 
 | 
 
| 
   
3.  
 | 
  
   
C.    
  Teknik Pengumpulan Data 
a)     
  Kuisioner 
b)     
  Observasi dan wawancara terstuktur 
 | 
  
   
C.    
  Teknik Pengumpulan Data 
a)     
  Participant observation 
b)     
  In depth interview 
c)     
  Dokumentasi 
d)    
  Tringulasi 
 | 
 
| 
   
4.  
 | 
  
   
D.   
  Instrument penilaian 
a)     
  Tes, angket, wawancara terstuktur 
b)     
  Instrument yang telah terstandar 
 | 
  
   
D.   
  Instrument penilaian 
a)     
  Ieneliti sebagai instrument 
b)     
  Buku catatan, tape recorder, camera, handycam dan
  lain-lain 
 | 
 
| 
   
5.  
 | 
  
   
E.    
  Data 
a)     
  Kuantitatif 
b)     
  Hasil pengukuran variable yang dioperasionalkan
  dengan menggunakan instrumen 
 | 
  
   
E.    
  Data 
a)     
  Deskriptif kualitatif 
b)     
  Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan
  tindakan responden, dokumen dan lain-lain. 
 | 
 
| 
   
6.  
 | 
  
   
F.     
  Sampel 
a)     
  Besar 
b)     
  Representatif 
c)     
  Sedapat mungkin random 
d)    
  Ditentukan sejak awal 
 | 
  
   
F.     
  Sampel 
a)     
  Kecil 
b)     
  Tidak representative 
c)     
  Purpositiv, snowball 
d)    
  Berkembang selamapenelitian 
 | 
 
| 
   
7.  
 | 
  
   
A.   
  Analisis 
a)     
  Setelah selesai 
b)     
  Pengumpulan data 
c)     
  Deduktif 
d)    
  Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis 
 | 
  
   
G.   
  Analisis 
a)     
  Terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian 
b)     
  Induktif 
c)     
  Mencari pola, model,tema, teori 
 | 
 
| 
   
8. 
 | 
  
   
B.    
  Hubungan dengan responden 
a)     
  Di buat berjarak, bahkan sering tanpa kontak
  supaya objektif 
b)     
  Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden 
c)     
  Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan 
 | 
  
   
H.   
  Hubungan dengan responden 
a)     
  Empati, akrab, supaya memperoleh pemahaman yang
  mendalam. 
b)     
  Kedudukan sama bahkan sebagai guru, konsulen 
c)     
  Jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan
  hipotesis atau teori 
 | 
 
| 
   
9. 
 | 
  
   
I.      
  Usulan desain 
a)     
  Luas dan rinci 
b)     
  Literature yang berhubungan dengan masalah, dan
  variable yang diteliti 
c)     
  Prosedur yang spesifik dan rinci
  langkah-langkahnya 
d)    
  Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas 
e)     
  Hipotesis dirumuskan dengan jelas 
f)      
  Ditilis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke
  lapangan 
 | 
  
   
I.      
  Usulan desain 
a)     
  Singkat, umum bersifat sementara 
b)     
  Literature yang digunakan bersifat sementara,
  tidak menjadi pegangan utama 
c)     
  Prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan
  tour/piknik 
d)    
  Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan
  setelah studi pendahuluan 
e)     
  Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan
  menemukan hipotesis 
f)      
  Focus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data
  awal dari lapangan 
 | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   
J.      
  Kapan penelitian dianggap selesai? 
Setelah
  semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan 
 | 
  
   
J.      
  Kapan penelitian dianggap selesai? 
Setelah tidak
  ada data yang dianggap baru/jenuh 
 | 
 
| 
   
11. 
 | 
  
   
K.   
  Kepercayaan terhadap hasil penelitian 
Pengujian
  validitas dan realiabilitas instrumen 
 | 
  
   
K.   
  Kepercayaan terhadap hasil penelitian 
Pengujian
  kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian 
 | 
 
Buku
Sumber : Prof. Dr. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar