Rabu, 29 Mei 2013

KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF

KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
No
Metode kuantitatif
Metode kualitatif
1.
A.    Desain
a)      Spesifik, jelas, rinci
b)      Ditentukan secara mantap sejak awal
c)      Menjadi pegangan langkah demi langkah
A.    Desain
a)      Umum
b)      Fleksibel
c)      Berkembang, dan muncul dalam proses penelitian
2.
B.     Tujuan
a)      Menunjukan hubungan antar variable
b)      Menguji teori
c)      Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
B.     Tujuan
a)      Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif
b)      Menemukan teori
c)      Menggambarkan realitas yang kompleks
d)     Memperoleh pemahaman makna
3.
C.     Teknik Pengumpulan Data
a)      Kuisioner
b)      Observasi dan wawancara terstuktur
C.     Teknik Pengumpulan Data
a)      Participant observation
b)      In depth interview
c)      Dokumentasi
d)     Tringulasi
4.
D.    Instrument penilaian
a)      Tes, angket, wawancara terstuktur
b)      Instrument yang telah terstandar
D.    Instrument penilaian
a)      Ieneliti sebagai instrument
b)      Buku catatan, tape recorder, camera, handycam dan lain-lain
5.
E.     Data
a)      Kuantitatif
b)      Hasil pengukuran variable yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrumen
E.     Data
a)      Deskriptif kualitatif
b)      Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dokumen dan lain-lain.
6.
F.      Sampel
a)      Besar
b)      Representatif
c)      Sedapat mungkin random
d)     Ditentukan sejak awal
F.      Sampel
a)      Kecil
b)      Tidak representative
c)      Purpositiv, snowball
d)     Berkembang selamapenelitian
7.
A.    Analisis
a)      Setelah selesai
b)      Pengumpulan data
c)      Deduktif
d)     Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis
G.    Analisis
a)      Terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian
b)      Induktif
c)      Mencari pola, model,tema, teori
8.
B.     Hubungan dengan responden
a)      Di buat berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya objektif
b)      Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
c)      Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
H.    Hubungan dengan responden
a)      Empati, akrab, supaya memperoleh pemahaman yang mendalam.
b)      Kedudukan sama bahkan sebagai guru, konsulen
c)      Jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan hipotesis atau teori
9.
I.       Usulan desain
a)      Luas dan rinci
b)      Literature yang berhubungan dengan masalah, dan variable yang diteliti
c)      Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya
d)     Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas
e)      Hipotesis dirumuskan dengan jelas
f)       Ditilis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke lapangan
I.       Usulan desain
a)      Singkat, umum bersifat sementara
b)      Literature yang digunakan bersifat sementara, tidak menjadi pegangan utama
c)      Prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan tour/piknik
d)     Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan setelah studi pendahuluan
e)      Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan menemukan hipotesis
f)       Focus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal dari lapangan
10
J.       Kapan penelitian dianggap selesai?

Setelah semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan
J.       Kapan penelitian dianggap selesai?

Setelah tidak ada data yang dianggap baru/jenuh
11.
K.    Kepercayaan terhadap hasil penelitian

Pengujian validitas dan realiabilitas instrumen
K.    Kepercayaan terhadap hasil penelitian


Pengujian kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian

Buku Sumber : Prof. Dr. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar